Wednesday, January 04, 2006

Baso


Baso ini sama sekali bebas dari segala macam segala macam obat.
bentuknya yang ini gak bulat2 amat, abis tadi malam buru2 mau pergi ketempat teman sih. Tapi rasanya bung.... mantap dan kenyalnya oke banget.

bahan :
2 kg daging yang fresh, dan yang sudah digiling 2 kali ( jadinya se ember bo' , kurang lebih 3.5 kg)
2 sdm bawang putih cincang
2 sdm bawang putih goreng
2 sdm bawang merah goreng
4 putih telor
200 gr kanji
garam, merica, gula dikit aja untuk ganti penyedap ajah.
Es batu 2 kg.

Daging campur dengan semua bahan kecuali kanji dan es batu.
Di chopper atau dimasukkan kedalam food processor dalam beberapa tahap agar hasilnya maximal. Masukkan kedalam freezer 30 menit.
Setelah itu uleni daging, bisa dengan tangan atau kalau punya mixer besar yang ada K beaternya, yang untuk pastry, nah pake itu. Sambil diuleni kasih es batu kira2 2 ons tapi diremukkan dulu supaya mudah nyampur, uleni 15 menit, lalu tambahkan kanjinya uleni lagi 15 menit.
Panaskan air, jaga agar air tidak sampai mendidih, cukup 80' saja, bulatkan daging cemplungkan langsung pada air, bila sudah mengapung masukkan kedalam baskom yang berisi air es dengan sisa es batu tadi ( kalau bisa sedingin mungkin).
Kerjakan sampai semua adonan habis.

Setelah semua baso yang ada dalam baskom dalam keadaan dingin, maka kita panaskan lagi air dalam panci, masak lagi semua baso tadi sampai matang, tapi tetap jangan sampai airnya mendidih agar baso tidak pecah. Angkat dan tiriskan , baso sudah siap saji.

Kalau baso kembang seperti gambar diatas, belah 4 baso tapi tidak sampai pangkalnya lalu rebus dalam kuahnya baso, maka akan mekarlah si baso tadi.


Kuah

Bisa dipakai dari air bekas rebusan baso tadi, kita tambahkan tulang sengkel, rebus hingga keluar kaldunya, lalu tambahkan :
bumbu dasar putih.
1 sdm bawang putih goreng yang sudah dihaluskan.
gula, garam, merica
daun bawang yang sudah diiris halus.


Kalau ingin kuah ayam, dapat dibikin dari tulangan ayam atau ceker ayam atau kalau mau yang paling gurih pakai bagian sayap ayam.
Didihkan air 2000 cc dan masukkan jahe 2 iris, 8 buah sayap ayam yang sudah dipotong 2, didihkan dengan api besar , bila sudah mendidih kecilkan api tetapi tetap tahap mendidih, rebus kira2 30 menit.
Angkat dan saring, kemudian masukkan bumbu2 yang sama dengan bumbu diatas.


Langsung panas2 disantap ama suami atau jadi kelinci percobaannya ?
Ah gak lah pak, aku kan bikin gini udah bertahun tahun.....insyaAllah "gak ada aral melintang kok ", don't worrylah.....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home